Dalam membuat tampilan tampak lebih sempurna sehingga bisa menciptakan rasa percaya diri ada banyak sekali caranya. Salah satunya memerhatikan tampilan rambut. Bagi sebagian orang, keindahan rambut merupakan sesuatu yang penting. Maka mengaplikasikan cat rambut dengan warna sesuai keinginan sangat umum dilakukan.
Dari mulai warna, teknik mewarnai, sampai model pewarnaan setiap waktu mengalami perubahan. Hal ini yang menjadi alasan mengapa mengecat atau mewarnai rambut sering dinilai kurang baik bagi kesehatan rambut. Karena pada akhirnya kita akan mengulangi dan mengubah warna mengikuti perubahan tersebut.
Mengerti Kondisi Rambut dan Memberi Perhatian Khusus
Jika Anda berencana mewarnai rambut dalam waktu dekat, lebih baik perhatikan point singkat berikut ini:

  • Kondisi Rambut Setiap Orang Berbeda. Bila melihat orang lain yang mewarnai rambut berwarna-warni menggunakan produk cat sembarangan tampak baik-baik saja, mengertilah bahwa kondisi rambut Anda dengan mereka berbeda. Mungkin saja kondisi rambut Anda lebih sensitif, tidak bisa diberi produk cat sembarangan.
  • Selangkah Demi Selangkah. Anda juga wajib tahu, untuk mendapat hasil warna yang cukup terang, pemilik rambut harus melalui banyak langkah proses pengecatan. Jadi, jika Anda baru pertama kali mewarnai rambut, lebih baik pilih warna yang tidak terlalu terang atau terlalu ekstrim. Mengapa? Point ini untuk menghindari rambut Anda mengalami shock akibat proses pewarnaan yang tidak biasa.
  • Perhatikan Produk Cat Pewarna yang Digunakan. Berhubungan dengan point sebelumnya, kondisi rambut termasuk kulit kepala setiap orang berbeda, banyak sekali dari kita yang sebenarnya memiliki tipe rambut sensitif dan sangat rentan rusak bila melalui proses pengecatan. Wajib hukumnya perhatikan produk pewarna rambut yang Anda gunakan. Apakah produk yang selama ini terkenal akan kualitasnya? Apakah formula produk memenuhi standar?
  • Produk yang Memerhatikan Kesehatan Rambut. Setelah yakin untuk mewarnai rambut, memilih warna tepat, mencari referensi produk cat rambut berkualitas, lanjutkan dengan mengamati produk dengan lebih teliti. Pastikan produk tersebut memiliki formula yang membantu menjaga kesehatan rambut seperti produk-produk dari L’oreal yaitu Excellence Fashion dan Excellence Crème yang lindungi rambut sebelum, selama, dan sesudah proses pewarnaan.[gs]